[SUKA-SUKA] Perbedaan Indonesian Fans dan Korean Fans(?)

Annyeoooooooong ๐Ÿ˜€ ๐Ÿ˜€ *tebar bunga*
udah lama ga ngepost disini XD XD

oke, tanpa basa-basilah..
saya akan menyumbangkan pendapat saya tentang perbedaan fans k-pop (Korean Pop) dan i-pop (Indonesian Pop) *di mata saya* ^^v
saya mencoba untuk tidak subyektif, karena mentang-mentang mungkin saat ini saya adalah salah satu kpopers di Indonesia. tapi siapa sangka jika sebelumnya adalah saya fanatik sekali dengan salah satu menejemen musik terbesar di Indonesia XD kekekeke^^
kalau ga percaya coba bandingkan sendiri dengan mengamati aksi mereka saat berada di layar kaca ๐Ÿ˜€ ๐Ÿ˜€
sebelumnya postingan ini pernah saya tulis lewat status facebook, dan cukup menarik banyak respon hahahahaha XD XD

langsung saja ya… ๐Ÿ˜€
1. saat menonton konser dan tersorot kamera…
indonesian fans biasanya akan sadar kamera. mereka tidak segan-segan untuk bergaya memberikan aksi-aksi mereka yang lucu(?) untuk menarik perhatian atau sekedar memberikan V sign (tanda peace) kemudian diikuti oleh senyuman.

berbeda dengan korean fans, fans kpop di korea justru lebih menutup diri jika tersorot oleh kamera. mereka akan menutupi wajahnya dengan fanboard yang mereka bawa, atau atribut-atribut lainnya seolah ingin menyembunyikan identitas mereka(?) :3

2. jika bertemu dengan idola mereka…
indonesian fans akan langsung mengerubuti artis idola mereka jika bertemu di lain tempat (red: tidak diatas panggung/suatu acara), berebut untuk meminta foto bersama, meminta tanda tangan, atau mungkin hanya bersalaman semata.

untuk korean fans, jika beretemu dengan idolanya mereka akan heboh namun tidak akan mengerubutinya. mungkin hanya sekedar heboh dan mengikutinya berjalan dari belakang. atau mereka tak segan untuk mengeluarkan ponselnya. ups jangan salah sangka! bukan untuk meminta foto bersama lalu dipamer-pamerkan! melainkan untuk mengambil gambar/video dari aktivitas artis tersebut lalu mempostingnya di social media.

3. saat menonton idolanya menyanyi secara langsung…
indonesian fans biasanya atau jauh sebelum kpop menyebar di daratan indonesia, saat menonton idolanya menyanyi secara langsung mereka akan mengikuti idolanya tersebut untuk menyanyi bersama.

namun lain halnya dengan korean fans. mereka dengan kreativitas yang dimilikinya akan membuat sebuah fanchant untuk diteriakkan saat idolanya tampil. oke untuk yang belum tahu apa itu fanchant, ini sama sekali berbeda dengan nyanyi bersama. bahkan saat ini sudah beberapa indonesian fans ada yang memilikinya. untuk hal ini, setahu saya jpop fans juga memilikinya^_^

4. ciri khasnya…
indonesian fans/komunitas suatu grup di indonesia biasanya ciri khasnya adalah lambang dari grup yang dicetak untuk kaos kebangsaan komunitasnya tersebut. bisa dilihat saat mereka menghadiri dimana idola mereka akan tampil, mereka akan lebih menyeragamkan kaos yang dikenakannya.

korean fans ciri khasnya ialah warna fandom. contohnya: super junior yang lebih ke dominan warna biru, big bang warna kuning, atau dbsk warna merah. atribut apapun akan mereka bawa asalkan warnanya senada dengan warna fandom yang telah ditetapkan oleh pihak manajemen. namun untuk kasus ini, korean fans menurut saya lebih mengedepankan lighstick daripada atribut yang lainnya. lightstick ini sendiri dipilih menurut saya karena saat konser idola mereka berlangsung dan lampu panggung akan dimatikan, sangat dapat dirasakan bagaimana keindahan ribuan lampu dengan warna yang senada dan membuat suatu sensasi yang berbeda juga nantinya bisa disebut dengan ciri khas.

5. fans fanatiknya…
di indonesia (bukan fans grup indonesia)…. fans fanatik itu biasanya lebih ke mengikuti gaya idolanya. ntah gaya berbusana atau gaya rambut yang sedang digunakan atau semacamnya. juga biasanya mereka tak segan untuk menghunting majalah yang sedang meliput idolanya atau hanya sekedar sebuah poster semata. lebih dari itu mereka akan mengikuti kemana idolanya itu akan pergi perform hanya untuk menonton langsung dan memberikan support.

di korea mungkin tak jauh beda dengan fans di indonesia, hanya saja ada satu sebutan fans fanatik yang mungkin perlakuannya sudah berada di luar nalar kita sebagai fans. sasaeng fans. fans yang satu ini kalo boleh saya katakan ada fans tergila dari fans fanatik. oke mungkin untuk kpop fans sudah tak asing lagi dengan ini. sasaeng fans adalah fans yang bisa dikatakan telah mencurahkan hidupnya hanya untuk idola. mereka sungguh terobsesi dengan idola mereka, mereka biasanya menguntit kemana idola mereka itu akan pergi dan mendokumentasikannya. makan, tidur di pesawat, dll. tak segan pula mereka akan masuk secara diam-diam ke tempat tinggal idolanya, mengambil suatu barang pribadi idola tersebut, memotretnya lalu diposting ke social media. atau lebih parahnya mereka akan melelang barang tersebut hingga harga yang mereka inginkan.

6. jika tak suka dengan pihak lain…
jika ada idola yang tak mereka suka, di Indonesia biasanya lebih ke mencurahkannya pada social media. menjelek-jelekkan satu sama lain hingga akhirnya memancing fanwar antar komunitas satu dengan yang lainnya. oke, fanwar disini bukan adu fisik. hanya saja mungkin saling sindir-menyindir mencari kejelekan idola lain dan terjadilah saling menyerang.

beda halnya di korea, mereka tidak akan ambil pusing mencari musuh atau bagaimana. mereka akan langsung menyerang artisnya bukan fansnya. mungkin ini kejam untuk didengar hanya saja itulah kenyataannya. mereka tak segan memberikan racun pada pihak yang tak disukai ataupun menjatuhkannya melalui rumor-rumor yang berbahaya. bahkan beberapa waktu yang lalu ada sebuah komunitas fans di korea yang berhasil ‘membunuh seorang fans secara tak langsung’ hanya karna mereka iri saat mengetahui fans tersebut bisa berfoto bersama dengan idolanya.

setengah tahun draft ini memenuhi dashboard saya XD
dan akhirnya saya lanjutin lagi ๐Ÿ˜€
mungkin hanya ini yang bisa saya bagikan. NO BASH!!
ini hanya dari pandangan saya, entah anda setuju atau tidak itu dikembalikan lagi pada yang membacanya ๐Ÿ˜‰
babaaaaaayy!!!!

Advertisements

About keyjedottaembok

just an ordinary girl who loves KEY!! and KYUMIN ofc :)

Posted on February 20, 2013, in suka suka, Uncategorized and tagged , . Bookmark the permalink. 1 Comment.

  1. itu bener banget…100% bener sista…
    miris juga liat industri2 entertainment Indonesia….
    itulah alasan kenapa aq gk pernah liat TV…malah berburu K-drama n K-pop terbaru…hehehehe………….

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: